Langsung ke konten utama

Dampak Banyak Makan dan Banyak Tidur

Dampak Banyak Makan dan Banyak Tidur

Bagi ibu, banyak makan dan tidur dapat menimbulkan kemunduran pikiran, kesehatan tubuh berkurang , penyakit-penyakit jasmani, lelapnya spiritualitas-spiritualitas dirinya dan anaknya, serta banyak penyakit yang di masa datang akan mengancam si anak. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan pola makan dan tidurnya agar berdampak positif bagi pembentukan janin dan anaknya.

Berkenaan dengan kerusakan jiwa serta bahaya banyak makan dan banyak tidur, Imam Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Banyak makan dan tidur akan merusak jiwa serta membawa kerusakan pada postur tubuh dan penyakit-penyakit yang membahayakan.”32Sedangkan mengenai manfaat-manfaat sedikit makan, Imam mengatakan, “Sedikit makan dapat mencegah banyak penyakit jasmani.”33

Dalam masalah makanan, kemajuan ilmu dan teknologi modern telah amat memudahkan kehidupan manusia. Namun teknologi kadang mengubah hal-hal alami dan karunia-karunia Ilahi dalam hal pembuatan makanan. Misalnya, mencampur bahan-bahan makanan dengan unsur-unsur kimiawi, atau minyak dan segenap tambahan lainnya yang belum pasti kehalalannya!

Adapun kita kaum Muslim yang berkomitmen dan beriman, janganlah kita percaya sepenuhnya dengan makanan-makanan pasar, khususnya makanan-makanan kaleng atau buatan negara-negara asing. Jangan kita biarkan diri dan keluarga kita mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat dan belum tentu halal. Artinya, usahakan kita hanya mengonsumsi makanan-makanan yang alami, sehat, jauh dari bahan-bahan kimiawi, dan sudah dapat dipastikan kehalalannya. Hiduplah secara sehat, dan konsumsilah makanan yang halal. Makanan yang bersih dan sehat berdampak amat positif bagi tubuh manusia.

Imam Ali bin Abi Thalib berkata, “Dalam kondisi sehat, kelezatan bagi manusia menjadi sempurna.”34 Orang yang mengonsumsi makanan yang bersih dan halal, kelezatan baginya menjadi sempurna. Ia juga akan memperoleh kekuatan jasmani, kesadaran, dan kecerdasan yang luar biasa.

Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, terutama sayur-sayuran hijau, amat dianjurkan. Imam Ali ar Ridha, ketika beliau tengah di meja makan, berkata kepada pelayannva, “Tahukah engkau bahwasanya aku tidak makan di meja makan yang di atasnya tidak ada sayuran? Pergilah, dan bawa sayuran kemari!”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buang air kecil bolak-balik, pertanda kencing Manis

Buang air kecil bolak-balik, pertanda kencing Manis - Penyakit kencing manis atau diabet ini adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak penderitanya, penyakit ini juga dapat membunuh penderitanya secara perlahan-lahan tanpa di sadari oleh penderitanya. Oleh sebab itu penyakit ini juga memiliki julukan the sillent killer .

Untuk anda yang memiliki riwayat penyakit kencing manis dalam keluarga, terutama keluarga inti sebaiknya lebiuh waspada lagi akan kehadiran penyakit kencing manis ini. Karena resiko untuk terkena penyakit ini meningkat 6 kali lebih tinggi di bandingkan dengan orang biasa yang tidak memiliki riwayat dalam keluarganya. Oleh sebab itu jika pola hidup anda tidak sehat ubah lah sebelum penyakit ini menyerang anda.

Baca juga :Kenali diabetes melitus tipe 2

Penyakit kencing manis ini jika tidak segera di obati maka nilai glukosa dalam darah bisa semakin meningkat. Jika sudah seperti itu, sistim pankreas akan terganggu, dan juga bisa muncul gangren (luka diabet) Diman…

Penyebab pembengkakan jantung dan obatnya

Penyebab pembengkakan jantung dan obatnya, Jantung duduk di pusat dada dan dikelilingi oleh kantong yang disebut pericardium. Kantong ini mempunyai dua lapisan, satu yang pas dengan ketat diatas otot jantung dan lapisan lain yang lebih longgar mengelilingi lapisan bagian dalam.

Peradangan dari lapisan-lapisan jaringan ini yang mengelilingi jantung dirujuk sebagai pericarditis. Namun, meski telah berulang kali ditanyakan dan dijawab, jantung bengkak tetap menjadi obyek penelitian yang menarik. Tidak mengherankan jika para pakar kesehatan terus melakukan penelitian dan pengkajian mengenai penyebab jantung bengkak.

Penyebab pembengkakan jantung Dan hasil penelitian disimpulkan yang menjadi penyebab jantung bengkak adalah hal-hal berikut ini.
1. Jarang Olahraga Penyebab pembengkakan jantung yang pertama adalah jarang berolahraga. Tubuh yang jarang berolahraga jarang mengeluarkan keringat. Resikonya terjadi kelebihan berat badan (obesitas). Ini sangat berbahaya karena membuat jantung beker…