Langsung ke konten utama

Penyebab pembengkakan jantung dan obatnya

penyakit jantung bengkak

Penyebab pembengkakan jantung dan obatnya, Jantung duduk di pusat dada dan dikelilingi oleh kantong yang disebut pericardium. Kantong ini mempunyai dua lapisan, satu yang pas dengan ketat diatas otot jantung dan lapisan lain yang lebih longgar mengelilingi lapisan bagian dalam.

Peradangan dari lapisan-lapisan jaringan ini yang mengelilingi jantung dirujuk sebagai pericarditis. Namun, meski telah berulang kali ditanyakan dan dijawab, jantung bengkak tetap menjadi obyek penelitian yang menarik. Tidak mengherankan jika para pakar kesehatan terus melakukan penelitian dan pengkajian mengenai penyebab jantung bengkak.

Penyebab pembengkakan jantung

Dan hasil penelitian disimpulkan yang menjadi penyebab jantung bengkak adalah hal-hal berikut ini.

1. Jarang Olahraga

Penyebab pembengkakan jantung yang pertama adalah jarang berolahraga. Tubuh yang jarang berolahraga jarang mengeluarkan keringat. Resikonya terjadi kelebihan berat badan (obesitas). Ini sangat berbahaya karena membuat jantung bekerja lebih keras dan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada jantung. Bukan hanya membuat jantung bengkak, tidak rajin berolahraga juga beresiko menyebabkan penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

2. Kelainan Jantung Sejak Lahir

Tidak semua orang lahir dengan jantung normal. Beberapa orang mengalami kelainan jantung atau yang biasa disebut sebagai penyakit jantung bawaan. Contohnya seperti jantung bocor atau timbulnya lubang pada jantung. Ini membuat jantung harus bekerja keras karena tidak sempurnanya organ jantung. Jantung harus memompa lebih keras dan itu sangat potensial menyebabkan terjadinya pembengkakan jantung.

3. Otot Jantung Lemah

Otot jantung melemah bisa disebabkan beberapa faktor seperti serangan jantung. Otot jantung yang lemah membuat jantung bekerja lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Semakin lama hal ini terjadi semakin tinggi resiko terjadinya jantung bengkak.

4. Tekanan Darah Tinggi

Terjadinya tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras. Ini sangat berpengaruh terhadap peluang terjadinya jantung bengkak. Apalagi umumnya penderita tekanan darah tinggi biasanya jarang menyadari jika terserang penyakit ini. Pasalnya, penyakit ini nyaris tanpa gejala berarti. Untuk itu, sangat baik untuk memeriksakan tekanan darah pada pihak medis untuk mengetahui secara pasti tingkat tekanan darah Anda. Agar jika terjadi tekanan darah tinggi bisa segera diobati supaya tidak merembet menyebabkan jantung bengkak.

5. Kerusakan Katup Jantung

Rusaknya katup pada jantung juga potensial menyebabkan jantung bengkak. Kerusakan katup jantung tersebut bisa disebabkan oleh demam rematik atau karena sebab lainnya. Karena organ yang tidak lagi sempurna, membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah. Kerja jantung yang berlebihan tersebut yang kemudian menyebabkan terjadinya pembengkakan jantung.

PERICARDITIS

Penyebab Pericarditis

Ada banyak penyebab-penyebab dari pericarditis. Paling sering penyebabnya tidak diketahui. Beberapa penyebab pericarditis adalah:

1. Idiopathic

Penyebab dari penyakit tidak teridentifikasi (meskipun seringkali ia adalah akibat dari   penyakit virus yang minor atau selesma)

2. Luka mekanik pada jantung

  • Serangan jantung (myocardial infarction) dan Dresslers syndrome
  • Operasi jantung dan post pericardiotomy syndrome
  • Trauma

3. Infeksi Bakteri

  • Virus
  • Jamur
  • HIV

4.  Tumor-Tumor Atau Kanker

  • Primer (jarang)
  • Metastatik

5.  Penyakit Jaringan Penghubung

  • Rheumatoid Arthritis
  • Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
  • Sarcoidosis
  • Scleroderma

6. Penyakit-penyakit Metabolik

  • Uremia (gagal ginjal)
  • Hypothiroidism

7. Reaksi-Reaksi Obat

Efek-efek sampingan dari obat-obat tertentu dapat menyebabkan respon imun yang menyebabkan peradangan dari kantong pericardial dan pericarditis. Obat-obat yang telah dilibatkan termasuk phenytoin (Dilantin),hydralazine (Apresoline) dan procainamide (Pronestyl, Procan-SR, Procanbid).

Gejala Pericarditis

Nyeri dada adalah gejala pericarditis yang paling umum dari pericarditis.
  1. Nyerinya biasanya tajam dan menusuk.
  2. Ia akan muncul secara perlahan atau tiba-tiba dan dapat menyebar secara langsung ke punggung, ke leher atau ke lengan.
  3. Jika ada iritasi yang berhubungan dari diaphragm (otot rata yang memisahkan dada dari perut), nyeri dapat menyebar ke tulang belikat.
  4. Nyeri dapat diperburuk dengan napas-napas yang dalam (pleuritic).
  5. Nyeri seringkali tergantung posisi dan diperburuk ketika berbaring datar dan lebih baik ketika bersandar ke depan


Pengobatan Jantung Bengkak Herbal Ampuh


Bagi Anda yang saat ini mengalami atau menderita jantung kami merekomendasikan pengobatan jantung bengkak secara alami, tentunya Obat herbal jantung bengkak alami merupakan solusi terbaik karena tidak menimbulkan efek samping.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Delima Merah dan Manfaatnya

Delima Merah dan Manfaatnya - Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah ini. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara. Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl.

Buah delima selalu berbunga di sepanjang tahun, buahnya buah buni dengan bentuk bulat dengan berdiameter 5–12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna lebih tua. Dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah dan delima ungu.

Delima merah (Red Pomegranate) yang digunakan sebagai salah satu komposisi produk Amazon Plus. Di Indonesia, buah delima merah sering di…

Solusi kanker serviks pada wanita

Solusi kanker serviks pada wanita, Penyakit kanker serviks dapat di derita oleh perempuan dimanapun berada diseluruh dunia. Penyakit kanker serviks ini juga merupakan salah satu penyakit yang paling di takuti oleh perempuan di seluruh dunia.Kanker ini dapat hadir dengan pendarahan dalam vagina, tetapi gejala kanker ini tidak terlihat pada awal-awal hadirnya penyakit ini sampai kanker memasuki stadium yang lebih lanjut (Kondisi penyakit semakin parah).

Kebanyakan penelitian menemukan bahwa infeksi human papillomavirus (HPV) bertanggung jawab untuk semua kasus kanker leher rahim. Perawatan termasuk operasi pada stadium awal, dan kemoterapi atau bahkan radioterapi pada stadium akhir penyakit.

Gejala Kanker Serviks Kanker serviks pada stadium awal biasanya tidak menunjukkan gejala-gejala yang khas, bahkan bisa nyaris tanpa gejala. Pada stadium lanjut sering memberikan gejala diantaranya seperti  :
perdarahan post coituskeputihan abnormalperdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar …